PEMBAGIAN
TAUHID & SYIRIK
الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ
وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا،
مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ
الْقِيَامَةِ. ( يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ
تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.) اَمَّا بَعْدُ
MA’ASYIROL MUSLIMIN ROHIMAKUMULLAH
Saya wasiatkan kepada Anda sekalian dan juga
kepada saya untuk selalu bertaqwa kepada Allah di mana saja kita berada. Dan
janganlah kita mati melainkan dalam Islam. Sampun katah
Penjelasan ingkang nerangake maknanipun taqwa
kados saking Thalq bin Habib:
إِذَا وَقَعَتِ الْفِتْنَةُ فَأَطْفِئُوهَا
بِالْتَّقْوَى. قَالُوْا: وَما الْتَّقْوَى؟ قَالَ: أَنْ تَعْمَلَ بِطَاعَةِ الله عَلَى
نُوْرٍ مِنَ اللهِ تَرْجُو ثَوَابَ اللهِ وَأنْ تَتْرُكَ مَعْصِيَةَ اللهِ عَلَى نُوْرٍ
مِنَ اللهِ تَخَافُ عِقَابَ اللهِ.
“Menawi
tumibo fitnah, mongko direm/dipateni
nganggo taqwa”. Mereka bertanya: “nopo taqwa itu?” Beliau menjawab: “supoyo
siro melaksanakan keta’atan kepada
Allah, ono ing nduwure cahaya Allah,
(kanti ) ngarep arep keridhaan-Nya; lan
supoyo siro ninggalake kemaksiatan dumateng Allah, ono ing saknduwure cahaya
Allah, (karena) wedi mareng siksaNya.
Ketaatan
ageng ingkang wajib kita laksanakan
adalah tauhid.kados dene kemaksiatan ageng yang mesti kita hindari adalah
syirik.Tauhid adalah tujuan diciptakannya makhluk, tujuan diutus sedoyo para
rasul, tujuan diturunke kitab-kitab samawi.sedanten meniko cecekelan kawitan
seng wajib dilewati tiyang menuju
Rabbnya.
Tauhid dipun bagi dados 3 :
1. Tauhid Rububiyah.
2. Tauhid Uluhiyah.
3. Tauhid Asma' wa Shifat.
Tauhid Rububiyah ialah mengimani bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala
ingkang ncipto ,kuoso, danngurus sedoyo
wontennipun ngalam lan mboten wonten sekutu bagiNya..
Tauhid Uluhiyah ialah mengimani bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala
Dialah yang berhak dipun
sembah kanti haq, tidak ada sekutu bagiNya dalam hal ibadah.
Inilah makna " , artinya tidak ada yang
pantas disembah dengan haq kecuali Allah Subhanahu wa Ta'ala. Maka, segala
bentuk ibadah seperti shalat, puasa dan yang lainnya, wajib dilaksanakan hanya
untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala semata.
Tidak boleh ada satu bentuk ibadah pun yang ditujukan kepada selain Allah Subhanahu
wa Ta'ala.
Tauhid Asma' wa Shifat ialah mengimani semua apa yang disebutkan
dalam Al-Qur'anul Karim dan Hadits-hadits shahih tentang asma-asma Allah
Subhanahu wa Ta'ala dan sifat-sifatNya. Lalu menetapkan itu semua untuk Allah
Subhanahu wa Ta'ala tanpa 'tahrif ' (mengubah), tanpa ta'thil (meniadakan),
takyif (menanyakan bagaimana caranya), dan tanpa tamstil (penyerupaan), firman
Allah Subhanahu wa Ta'ala:
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (1) اللَّهُ الصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ
يُولَدْ (3) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (4)
"Kandakno Muhamamad , Dialah Allah Yang Mahaesa. Allah tempat
bergantung. Tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Dan tidak ada yang sebanding
denganNya seorang pun." (Al-Ikhlas: 1-4).
Ananging wonten sebagian ulama yang membagi tauhid dados dua bagian saja dengan menggabungkan Tauhid
Asma' wa Shifat pada Tauhid Rububiyah.
PEMBAGIAN
SYIRIK
Syirik dipun bagi dados tiga bagian:
1. Syirik Akbar (Besar).
2. Syirik Ashghar (Kecil).
3. Syirik Khofi (Samar).
SYIRIK
AKBAR (BESAR)
Syirik akbar seged ngapus ganjaranipun amal lan bade
nglanggengaken musyrik wonten Neraka.:
ذَلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ
وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (88)
"agomo islam meniko hidayah saking gusti Allah.lan menawi
manungso nglakoni syirik (menyekutukan Allah
kalian sewiji wiji), pasti bade gugur
saking manungso (pahala) apa seng manungso
lakoni." (An-An'am: 88).
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
Lan sopo wonge kang sedo dalam keadaan melakukan syirik akbar, maka dia
tidak akan diampuni, dan Surga diharamkan baginya.
إِنَّ
اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ
وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا (48)
"Saktemene Allah mboten bade
ngampuni dosa syirik, lan Dia ngampuni sedoyo dosa selain dari (syirik)
itu, bagi siapa yang dikehendakiNya." (An-Nisa': 48).
Di dalam ayat lain Allah Subhanahu wa Ta'ala juga
berfirman:
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ
مَرْيَمَ وَقَالَ الْمَسِيحُ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ
إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ
النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ (72)
"Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan)
Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya Surga, dan tempatnya ialah Neraka,
dan tidaklah ada bagi orang-orang zhalim itu seorang penolong pun."
(Al-Maidah: 72).
Yang termasuk syirik akbar, di antaranya adalah berdo'a (meminta)
kepada orang mati dan patung (berhala), mohon perlindungan kepada mereka, juga bernadzar
dan berkorban (menyembelih binatang) untuk mereka dan lain sebagainya.
SYIRIK
ASHGHAR (cilik)
Syirik alit meniko tumindak
ingkang sampun jelas dipun sebataken
wonten nash-nash Al-Qur'an dan Sunnah. Contohnya
adalah riya' (ingin dilihat orang) dalam beramal, bersumpah tidak dengan nama
Allah dan mengatakan (Sesuatu yang
dikehendaki oleh Allah dan dikehendaki oleh fulan) . Rasulullah shallallahu 'alaihi
wa sallam bersabda:"Sesuatu seng paleng aku wedeni saking siro kabeh iku syirik cilik. Lalu beliau ditanya syirik
kecil itu.Beliau men-jawab: riya'." (HR. Imam Ahmad, Ath-Thabrany,
Al-Baihaqi dari Mahmud bin Labid Al-Anshari radhiallahu 'anhu dengan sebuah
sanad yang baik, dan diriwayatkan oleh Ath-Thabrany –dengan beberapa sanad yang
baik dari Mahmud bin Labiddari Rafi' bin Khudaij dari Nabi shallallahu 'alaihi
wa
sallam).
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga
bersabda:"Barangsiapa yang bersumpah dengan sesuatu –selain Allah- maka
dia telah menyekutukan (Allah)." (HR.Ahmad dengan sanad yang shahih).
Syirik cilik mboten nyebabake tiyang medal saking agami Islam serto mboten masteake
kekalipunti yang wonten Neraka, ananging waged ngilangake kesempurnaan tauhid.
Syirik khofi
didasarake sangking pangandikane Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, yang
mana beliau bertanya kepada para sahabat:"Kepyiye sekirane aku mangertane siro kabeh tentang sesuatu
yang lebih aku takuti (terjadi) pada kalian daripada Al-Masih Ad-Dajjal? Mereka
menjawab: Ya,wahai Rasulullah! Rasulullah bersabda: "Syirik yang samar
(contohnya), sese-orang berdiri lalu dia melakukan shalat maka dia perbagus
shalatnya karenadia melihat ada orang lain yang memperhati-kan kepadanya."
(HR. Imam Ahmad dalam Musnadnya dariAbi Said Al-Khudri radhiallahu 'anhu).
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ
الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ
وَقُلْ رَبِّ غْفِرْ وَرْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرٌ رَحِمِيْنَ
الْحَمْدَ
لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ
شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيْئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ
مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ
إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا. أَمَّا بَعْدُ؛
إِنَّ
اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ
ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا
إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا
إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا
إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا
إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اَللَّهُمَّ
اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ
وَاْلأَمْوَاتِ. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا
بِاْلإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا
رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ. اَللَّهُمَّ افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ
قَوْمِنَّا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ. اَللَّهُمَّ إِنَّا
نَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً. رَبَّنَا
آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ
النَّارِ.وَصَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ
وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يِوْمِ الدِّيْنِ.
عِبَادَ
اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي
الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ
لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ
0 komentar:
Posting Komentar